Senin, 23 April 2018

Game Android dari Kebudayaan Indonesia


 

Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan dari Sabang sampai Merauke.  Berbagai macam kebudayaan ini sepertinya menarik para Developer untuk mengaplikasikannya dalam bentuk sebuah game.
Di bawah ini terdapat 7 game di Android yang diambil dari kebudayaan yang ada di Masyarakat Indonesia,

1. Karapan Sapi
Karapan Sapi merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Karapan sapi diperlombakan setiap tahun di daerah Madura. Bahkan beberpa  tahun kebelakang ini sudah ada Piala Presiden bergilir untuk melestarikan perlombaan unik ini. 


2. Juragan Wayang

Wayang merupakan pertunjukkan bayangan boneka asli Indonesia yang  sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada 2003. Pertunjukkan boneka mungkin tidak hanya ada di Indonesia akan tetapi wayang memiliki keunikan yang berbeda dengan negara-negara lainnya, sehinggan UNESCO memasukkannya kedalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.

3. Batik Adventure
Batik merupakan kain bergambar yang memiliki pola khas asli Indonesia. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 2009. Pada masa lali pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksekutif perempuan sebelum munculnya “batik cap”.

4. Pencak Silat-Game Petualangan
Pencak Silat merupakan suatu seni beladiri tradisional yang berasal dari Kepulauan Melayu. Kata “Pencak” dipercaya digunakan di daerah Jawa sedangkan “Silat” digunakan di daerah Sumatra, Semenanjung Malaya, dan Kalimantan.

5. Si Kancil

Si Kancil merupakan cerita rakyat tentang hewan kancil yang sangat cerdik.  Cerita tentang si kancil ini sangat terkenal dan sering dibawakan dalam cerita-serita di Sekolah Dasar (SD).  Kecerdikan si kancil ini seringkali mengecoh hewan lain yang lebih kuat secara fisik.

6. Giant Puppet: Ondel-ondel

Ondel-ondel merupakan kesenian yang berasal dari suku Betawi. Ondel-ondel awalnya merupakan sepasang makhluk halus dengan tubuh tinggi besar dan dulu digunakan untuk penolak bala atau gangguan makhluk halus akan tetapi saat ini sepertinya terjadi pergeseran makna sehinggan Ondel-ondel tidak lagi menyeramkan dan lebih banyak digunakan untuk menembah kemeriahan dalam pesta-pesta rakyat.

7. Timun Mas Saga

Timun Mas merupakan cerita rakyat dari pulau Jawa yang mengkisahkan tentang seorang gadis pemberani yang mencoba untuk bertahan dan melarikan diri dari raksasa hijau jahat yang ingin memakannya. Gadis pemberani itu bernama Timun Mas, ia lahir dari sebuah timun kuning besar.

Sumber: wikipedia.org
Gambar: play.google.com
Pixabay.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review