Selasa, 21 Agustus 2018

Cabang Olahraga Terbanyak sumbang Medali Asian Games




Asian Games 2018 di Indonesia sedang berlangsung dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.
Atlet-atlet terbaik dari berbagai negara Asia sedang berkumpul di Indonesia untuk membela negara mereka masing-masing dalam memperebutkan medali Emas, Perak, dan Perunggu. Prestasi satu orang akan membanggakan satu negara, tentu kemenangan adalah tujuan setiap mereka yang ikut dalam ajang olahraga terbesar di Asia ini.

Indonesia sebagai tuan rumah pun pasti ingin mencapai prestasi maksimal. Tidak mau malu sebagai tuan rumah, Indonesia sudah mempersiapkan atlet-atlet nya dari jauh-jauh hari. Walaupun tidak semua cabang memiliki persiapan maksimal karena berbagai faktor mulai dari faktor internal maupun faktor eksternal yang banyak berhubungan dengan pendanaan.
Segala macam rintangan yang atlet-atlet kita rasakan semoga dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal. Tapi, kita harus tetap realistis dengan kemampuan kita, optimis boleh tapi jangan berlebihan. Olahraga belum menjadi prioritas di negara kita ini.

Di tengah semua keterbatasan yang ada, Indonesia harus berbangga dan menghargai jasa para atlet yang telah berusaha untuk mengharumkan Merah Putih di ajang Internasional.
Tanpa mengesampingkan jasa para atlet yang berhasil meraih medali maupun yang telah berjuang namun gagal meraih medali. Berikut Cabang Olahraga terbanyak sumbang medali untuk Indonesia di Asian Games

7. Gulat

Gulat berhasil menyumbangkan 20 Medali untuk Indonesia.
Gulat meraih 7 Perak dan 13 Perunggu

6. Karate

Karate berhasil menyumbangkan 20 Medali untuk Indonesia.
Karate meraih 2 Emas, 7 Perak dan 11 Perunggu

5. Atletik

Atletik berhasil menyumbangkan 21 Medali untuk Indonesia.
Atletik meraih 4 Emas, 3 Perak dan 14 Perunggu

4. Tinju

Tinju berhasil menyumbangkan 24 Medali untuk Indonesia.
Tinju meraih 3 Emas, 8 Perak dan 13 Perunggu

3. Renang

Karate berhasil menyumbangkan 36 Medali untuk Indonesia.
Gulat meraih 6 Perak dan 30 Perunggu

2. Tenis

Tenis berhasil menyumbangkan 42 Medali untuk Indonesia.
Tenis meraih 15 Emas, 6 Perak dan 21 Perunggu

1. Badminton

Badminton berhasil menyumbangkan 91 Medali untuk Indonesia.
Badminton meraih 26 Emas, 25 Perak dan 40 Perunggu


Bila kita lihat 7 cabang olahraga di atas hanya Bulutangkis yang masih konsisten untuk bersaing di level Asia bahkan dunia. Cabang Olahraga lainnya mengalami penurunan prestasi cukup tajam.
Cabang Olahraga Tenis menjadi cabang olahraga yang mengalami penurunan prestasi secara signifikan. Padahal dari tahun 1962 hingga 2002 hanya sekali Tenis gagal menyumbang medali yaitu pada tahun 1970.

Nama-nama populer peraih emas seperti Yayuk Basuki, Suzanna Wibowo, Justedjo Tarik, Lita Sugiarto, Lanny Kaligis, hingga Angelique Widjaya dan Wynne Prakusya tidak memiliki penyambung prestasi di saat era mereka berakhir.

Penyebabnya??

 Melihat kondisi yang ada saya lebih condong menyalahkan kondisi yang kurang mendukung atlet untuk berkembang di Indonesia. Melihat prestasi Lalu Muhammad Zohri dan Fauzan Noor yang menjadi juara dunia di tengah keterbatasan seharusnya kita punya gambaran bahwa Indonesia memiliki banyak atlet berkualitas.
Hanya yang menjadi persoalan adalah atlet-atlet ini tidak memiliki ruang dan dukungan yang cukup untuk bisa berprestasi secara maksimal. Semoga Indonesia khususnya pemerintah pusat maupun daerah dapat lebih maksimal dalam mengembangkan potensi yang ada karena Indonesia punya potensi bersaing di level teratas.

Well, yang pasti semoga di Asian Games tahun ini Indonesia bisa meraih prestasi terbaik dengan meraih medali sebanyak mungkin. Semoga bisa mengalahkan rekor tahun 1962 dengan 11 Emas.



Referensi:
Wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review