Selasa, 23 April 2019

Penjelasan Lengkap Bagian-bagian Komputer

Apakah kalian ingin belajar mengoperasikan komputer? Mungkin ada banyak diantara kita yang bertanya, bagaimanakah cara belajar menggunakan komputer? Tenang kawan, menggunakan komputer itu tidaklah sesulit yang kalian bayangkan, bahkan terbilang sangatlah mudah. Namun, bagi para pemula yang masih asing dengan komputer, mungkin akan mengalami kebingungan dalam awal pembelajaran.

bagian bagian komputer
Baiklah, hal pertama yang harus kita pelajari sebelum kita belajar untuk menggunakan sebuah Komputer adalah kita harus mengenal bagian-bagian komputer terlebih dahulu, dan berikut ini kita akan berkenalan dengan bagian-bagian komputer yang perlu kita ketahui sebelum belajar komputer. Bagian komputer pada umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu perangkat input, CPU, dan Output.

1.Perangkat Input (masukan)

Perangkat input merupakan sebuah perangkat yang kita perlukan untuk memasukkan perintah kedalam sebuah komputer,contoh dari perangkat input adalah:

  • Keyboard

Keyboard merupakan perangkat yang berfungsi untuk memasukkan sebuah karakter sesuai dengan keinginan kita seperti huruf, angka, dan simbol kedalam komputer.

  • Mouse

Mouse berfungsi untuk memberikan masukan berupa perintah pada program komputer. Biasanya saat kita menggerakkan mouse, panah kecil yang terdapat di dalam komputer kita juga akan bergerak, panah ini sering disebut dengan Cursor.

  • Scanner

Fungsi scanner adalah untuk memindai gambar, ataupun tulisan kedalam data digital yang terdapat di komputer. 

2. Perangkat Pemroses

Perangkat pemroses adalah alat dalam komputer yang digunakan untuk memroses segala perintah dari perangkat input yang kemudian ditransfer ke perangkat output untuk dijadikan data atau apapun yang bisa diakses melalui monitor, speaker dan lain sebagainya. Beberapa contoh perangkat pemroses dapat Anda lihat di bawah ini:

  • CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan inti dari komputer untuk melakukan pengolahan data dari beberapa perintah yang telah kita berikan melalui perangkat input (masukan), di dalam sebuah CPU terdapat berbagai komponen yang memiliki tugas kerja masing-masing, komponen tersebut seperti:

  • Cashing

Merupakan lempengan untuk melindungi bagian dalam komputer yang mana terdapat komponen-komponen yang bekerja vital untuk komputer.

  • Motherboard / mainboard

Motherboard dalam bahasa indonesia disebut papan induk, merupakan elemen dasar di dalam sebuah komputer. Motherboard adalah tempat yang digunakan untuk menempatkan berbagai komponen disaat kita akan merakit suatu komputer. Moatherboard berisi sub-sistem yang penting seperti prosesor dan kawan-kawan.
  • Random Access Memory / RAM
Merupakan tempat menyimpan data dalam jangka pendek atau sementara. RAM akan membuat perangkat lunak yang sedang dijalankan kemudian akan menyimpannya untuk sementara waktu, sehingga saat komputer menjalankan tugasnya ia tidak perlu menari data dari harddisk untuk memperoleh data yang kita butuhkan. Besar atau kecil jumlah RAM akan mempengruhi krcrpstsn komputer. Jumlah RAM yang lebih besar akan mempercepat kinerja komputer.
  • Read Only Memory (ROM)
Read Only Memory adalah media penyimpanan data yang terdapat di bagian dalam komputer yang berguna untuk menyimpan informasi berupa data dalam jangka panjang atau bersifat permanen. Jadi apabila data telah tersimpan pada ROM maka ia tidak akan berubah, rusak ataupun hilang  walaupun aliran listrik terputus.

  • Accelerated Graphics Port (APG) / Video Graphic Array (VGA)

VGA atau APG ialah perangkat yang berfungsi untuk mendukung kekuatan grafis yang terdapat pada komputer dengan cara menampilkan visual pada komputer.

  • Processor

Prosesor juga dijuluki sebagai otak suatu komputer. Pasalnya prosesor memiliki tugas sebagai pengatur atau pengendali komputer yang didukung oleh komponen-kompoen lain. Prosesor merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol kinerja komputer secara menyeluruh.

  • Hard Disk

Perangkat yang satu ini merupakan sebuah perangkat yang meiliki fungsi sebagai penyimpan data sekunder di sebuah komputer.

  • CD-ROM / DVD-ROM

Ialah sebuah bagian dari hardware komputer yang memiliki tugas untuk membaca data yng terdapat didalam kepingan CD-R/DVD-R. 

3. Perangkat Output (keluaran)
Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari data yang telah kita masukkan melalui perangkat input yang kemudian ddiolah didalam CPU. Contoh dari perangkat Output antara lain:

  • Monitor

Monitor merupakan sebuah layar yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk visual dari hasil olahan data yang telah kita berikan.

  • Printer

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencetak data yang kita olah kedalam selembar kertas.

  • Speaker

Adalah perangkat keluaran yang menghasilkan suara, dimana suara tersebut sebelumnya telah diolah melalui sound card (kartu suara)

Sebenarnya masih banyak lagi perangkat yang perlu kita ketahui, namun melalui wacana singkat tadi setidaknya kita telah memiliki modal utama yang dapat kita pergunakan untuk belajar menggunakan komputer. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review